Zairin Zain merupakan mantan birokrat yang sudah malang melintang di pemerintahan. Mengawali karir sebagai PNS di Bappeda Kaltim, Zairin pernah menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Kaltim, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, dan terakhir sebagai Kepala Bappeda Kaltim. Dia pensiun pada 31 Agustus 2019.

Pada 2018, Zairin Zain, pernah menjabat sebagai Pj Wali Kota Samarinda pada 2018. Kala itu dia ditunjuk Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, untuk mengisi kekosongan jabatan di Kota Tepian, kurang lebih 5 bulan, selama pelaksanaan Pilgub Kaltim.

Sejak kecil hingga remaja, Zairin menghabiskan waktunya untuk menempuh pendidikan di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Pendidikan dasar hingga menengah dijalani Zairin di SDN 002 Tenggarong, SMPN 1 Tenggarong, dan SMAN 2 Tenggarong.

Setelah lulus SMA, Zairin melanjutkan pendidikan sarjana di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Samarinda. Selanjutnya menempuh pendidikan pasca-sarjana di Universitas Brawijaya, Malang. Di Universitas Brawijaya, Zairin mengambil Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan.

Berikutnya, Zairin meraih gelar doktor di Universitas Diponegoro, Fakultas Perikanan Jurusan Manajemen Sumber Daya Pantai. (*)

Comments are closed.

Close Search Window